Inilah Beragam Kandungan Nutrisi dalam Jambu Kristal dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Berbicara mengenai jenis jambu yang ada dipasaran tentu sangat banyak, salah satu yang cukup dikenal masyarakat adalah jambu kristal. Bagi Anda pecinta jambu pasti sudah mengenai jenis yang satu ini, mempunyai ciri khas pada biji yang lebih sedikit, tesktur lebih renyah dan rasanya lebih manis. Cocok untuk dijadikan buah makan langsung ataupun digunakan untuk lotis dan rujak dengan campuran bumbu. Meskipun terlihat sama, ternyata jambu kristal mempunyai beragam kelebihan dibandingkan dengan jambu biji pada umumnya. Misalnya pada beragam kandungan nutrisi baik didalamnya yang akan mendukung kesehatan tubuh Anda ketika mengkonsumsi.

Kandungan Nutrisi Jambu Kristal

Di Indonesia sendiri saat ini kepopuleran jambu kristal semakin naik seiring dengan khasiat yang dimilikinya. Hal itu tentu tidak terlepas dari beragam kandungan nutrisi yang dimiliki jenis jambu tersebut. Hadir dengan dua pilihan yaitu merah dan putih, untuk kandungan dari keduanya tidak berbeda hanya saja warnanya. Ketika mengkonsumsi dalam 100 gram jambu biji, Anda akan mendapatkan beragam nutrisi baik seperti air 82.8 gram, energi 61 kalori, protein 0.9 gram, lemak 0.3 gram, karbohidrat 15.4 gram, serat 4.5 gram, kalsium 31 miligram, fosfor 41 miligram, natrium 20 miligram, kalium 103 miligram, tembaga 0.04 miligram, seng 0.5 miligram, betakaroten 53 microgram, karoten 18 microgram, vitamin B1 1.02 miligram, vitamin B2 0.06 miligram, vitamin C 116 miligram.

Manfaat Jambu Kristal Bagi Kesehatan

Setelah melihat beragam nutrisi yang terkandung didalamnya, tentu Anda semakin yakin jika jambu kristal memiliki keistimewaan yang lebih dari pada jambu biji bukan? Bahkan bijinya yang lebih sedikit membuat Anda lebih enak ketika mengkonsumsi. Jangan salah, dengan rutin mengkonsumsi jambu kristal ternyata bermanfaat untuk kesehatan seperti:

1. Menjaga kesehatan pencernaan.

Serat yang ada dalam jambu kristal cukup banyak, inilah kenapa alasannya baik untuk menjaga kesehatan. Bahkan dengan mengkonsumsi secara rutin bisa membantu menormalkan gerakan pada usus, sehingga membuat fase tetap lembut dan terhindar dari sembelit.

2. Meningkatkan imun tubuh.

Manfaat kedua yaitu bisa membantu meningkatkan imunitas tubuh, apalagi kandungan vitamin C yang tinggi pada jambu kristal. Vitamin tersebut bersifat antioksidan yang penting untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan pada seluruh tubuh.

3. Menjaga kesehatan mata.

Kandungan vitamin A yang banyak secara otomatis akan memberikan kesehatan pada mata Anda, dengan mengkonsumsi secara rutin dapat mengurangi resiko gangguan mata seperti rabun dekat, rabun jauh, silindris ataupun yang lainnya.

4. Membuat kulit tetap lembab.

Adanya sifat antioksidan yang tinggi, mineral serta vitamin dalam jambu kristal ternyata dalam memberikan manfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Salah satunya menjaga kelembapan, karena mengandung vitamin C sehingga mengatasi masalah iritasi ataupun kemerahan pada kulit Anda.

5. Menjaga kesehatan jantung.

Bukan hanya pada kulit, ternyata segudang nutrisi yang ada dalam jambu kristal bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Apalagi kandungan kalium serta serat yang tinggi, bahkan dengan mengkonsumsinya dapat mengurangi resiko peradangan pada jantung dan menurunkan kadar kolesterol.

Itulah beragam manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika mengkonsumsi jambu kristal, namun tetap pastikan untuk memilih jambu yang berkualitas untuk mendapatkan nutrisi secara maksimal. Untuk bisa mendapatkan beragam sayuran, buah dan berbagai bumbu berkualitas disaat pandemi seperti sekarang ini bisa belanja saja di TaniHub. Hanya tinggal duduk manis dirumah, buka aplikasi, pesan dan bayar sekarang besok barang langsung datang kedepan pintu rumah Anda. Tidak perlu khawatir karena sudah terjamin produk panen terbaik dari para petani lokal.